Abstract
Salah satu ciri utama dalam
mempelajari matematika adalah menerapkan penalaran deduktif yaitukebenaran
suatu konsep atau pernyataan diperoleh sebagai akibat logis dari
kebenaransebelumnya, sehingga kaitan antar konsep atau pernyataan matematika
bersifat konsisten. Namundemikian, pembelajaran matematika dengan fokus pada
pemahaman konsep dapat diawali denganpendekatan induktif melalui pengalaman
khusus yang dialami siswa. Dalam pembelajaranmatematika, pola pikir induktif
dapat digunakan untuk memahami definisi, pengertian, dan aturanmatematika.
Kegiatan pembelajaran dapat dimulai dengan menyajikan beberapa contoh atau
faktayang teramati, membuat daftar sifat-sifat yang muncul, memperkirakan hasil
yang mungkin, dan kemudian siswa dengan menggunakan pola pikir induktif
diarahkan menyusun suatu generalisasi.Selanjutnya, jika memungkinkan siswa
diminta membuktikan generalisasi yang diperoleh tersebutsecara deduktif.
Kata kunci: Pembelajaran matematika, pola pikir induktif, pola pikir
deduktif.
0 comments:
Post a Comment