- Pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk kepada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum. Menurut Sanjaya yang dikutip kembali oleh Rusman (2012:380) pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk kepada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum.
- Pendekatan adalah suatu aksiomatik yang menggambarkan sifat dari mata pelajaran atau mata kuliah yang diajarkan. Dapat juga dikatakan bahwa pendekatan merupakan sudut pandang bagi guru, dosen, atau instruktur atau pengembang terhadap proses pembelajaran, seperti pendekaan yang berpusat pada guru, dosen atau instruktur (teacher – centered – approach ) dan pendekatan yang berpusat pada peserta didik (student centered approach ). Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung ( direct instruction ), pembelajaran deduktif atau pembelajaran ekspositori. Adapun pembelajaran yang berpusat pada peserta didik menurunkan strategi pembelajaran discovery dan inkuiri serta strategi pembelajaran induktif. (Direktorat Tenaga Kependidikan dalam Muhammad Yaumi : 2013 : 205 ).
- Pendekatan dalam istilah lain yang maknanya dapat disamakan dengan strategi pembelajaran adalah “pendekatan” ( Sanjaya , 2007 ). Pendekatan adalah titik tolak atau sudut pandang guru terhadap proses pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk pada pandangan tentang terjadinya proses yang sifatnya masih sangat umum. Oleh karena itu, strategi maupun metode pembelajaran bersumber dari pendekatan tertentu. Roy Killen dalam Hamruni (2009) menyebutkan bahwa strategi maupun metode bersumber pada dua pendekatan dalam pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada peserta didik. Pendekatan yang berpusat pada guru menurunkan strategi pembelajaran langsung, sedangkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik menurunkan strategi pembelajaran tidak langsung. ( Suyadi : 2012 : 15 ).
Pendekatan pembelajaran merupakan suatu
himpunan asumsi yang saling berhubungan
dan terkait dengan sifat pembelajaran. Suatu pendekatan bersifat aksiomatik dan
menggambarkan sifat-sifat dan ciri khas suatu pokok bahasan yang diajarkan. (Suyono
dan Harianto, 2012:18)
Pendekatan pembelajaran adalah konsep
dasar yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan, dan melatari metode
pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. (Zubaedi, 2011:186).
0 comments:
Post a Comment